Ditpolairud Polda Banten Hadiri Apel Kesiapan Dan Simulasi Patgakum TSS


CILEGON - Ditpolairud Polda Banten bersama dengan Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut menggelar Apel kesiapan dan simulasi Patroli Penegakan Hukum (Patgakum) Traffic Separation Scheme (TSS) Selat Sunda bertempat di Dermaga VII Pelabuhan Penyebrangan PT. ASDP Merak. Sabtu (27/6/2020).

Kapolda Banten Irjen Pol. Drs. Fiandar kepada awak media menjelaskan bahwa kegiatan tersebut untuk memberikan pembekalan kepada seluruh personel dalam pelaksanaan tugas.

"Selain itu tujuan Apel kesiapan dan simulasi Patgakum TSS ini juga untuk membangun koordinasi antara Pihak Kepolisian bersama dengan Dirjen Perhubungan Laut serta instansi terkait yang mempunyai kewenangan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan" Kata Fiandar

Sementara itu Dirpolairud Polda Banten Kombes Pol. Kombes Pol Heri Sulistya Budi Santosa menerangkan dalam kegiatan pelaksanaan Apel tersebut di pimpin langsung oleh Dirjen Perhubungan Laut R. Agus H. Purnomo.

Dalam arahannya, sambung Heri, Dirjen Perhubungan Laut R. Agus H. Purnomo menyampaikan bahwa kegiatan patroli atau menuver laut dalam kegiatan Patgakum TSS akan menggunakan kapal KN. Edam dan KN. Trisula milik dari KPLP dengan sasaran Alut Laut Kepulauan Indonesia (ALKI 1) di Perairan Selat Sunda.

Lanjut Heri, saat gelar Apel tersebut berlangsung Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi mengapresiasi dengan adanya kegiatan gelar Apel Kesiapan dan Simulasi Patroli Penegakan Hukum (Patgakum) Traffic Separation Scheme (TSS) Selat Sunda yang mana kesiapan TSS ini mendukung serta menguatkan ALKI I dan ALKI II serta menjadikan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia.

Dilokasi berbeda Kabid Humas Polda Banten Kombes Pol Edy Sumardi menambahkan dilaksanakannya gelar Apel untuk menjalin koordinasi dan sinergitas dengan instansi dan stakeholder terkait.

"Hal ini dilaksanakan guna terciptanya penyelenggaraan transportasi laut yang selamat, aman dan berwawasan lingkungan" tutup Edy Sumardi.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kementrian Perhubungan, Kabasarnas Kabakamla, Kemenko Maritim dan Energi, As Ops TNI AL diwakili, Dirpolair Korpolairud Baharkam Polri, Danlanal Banten, KSOP Kelas I Banten, Kepala Distrik Navigasi Tj. Priuk, Direktorat Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai dan Direktur Utama PT. ASDP. (Bidhumas)

Posting Komentar

0 Komentar