Ditlantas Polda Banten dan Jajaran Gelar Rakernis Tahun 2023



Serang - Kapolda Banten Irjen Pol Prof. Dr. Rudy Heriyanto yang diwakili Wakapolda Banten Brigjen Pol M. Sabilul Alif hadiri kegiatan Rapat Kerja Teknis (Rakernis) fungsi lantas Ditlantas Polda Banten dan jajaran tahun 2023 yang dilaksanakan di Hotel Ledian Kota Serang pada Selasa (28/03) 


Turut hadir dalam kegiatan Irwasda Polda Banten Kombes Pol Eko Kristianto Dirlantas Polda Banten, Pejabat Utama Polda Banten, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Banten Tri Nurtopo, Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Banten H. Opar Sohari, General Manager PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Merak Suharto, General Manager Pelabuhan Pelindo Regional II Banten Agung Fitriyanto serta diikuti Pejabat Ditlantas Polda Banten dan para Kasat Lantas Polres jajaran. 


Tema rakernis tahun ini yaitu Polantas Presisi siap mewujudkan kamseltibcarlantas pada agenda nasional pengamanan arus mudik dan arus balik idul fitri 1444 H tahun 2023 di daerah hukum Polda Banten. 


Dalam kesempatan tersebut Wakapolda Banten membacakan amanat Kapolda Banten yang menyampaikan bahwa Rakernis yang dilaksanakan ini. "Dilaksanakanya kegiatan Rakernis ini merupakan forum untuk menyatukan visi, misi, dan persepsi dalam menjabarkan kebijakan Kapolri di Bidang Lalu Lintas serta untuk mengkaji dan mengevaluasi pencapaian maupun hambatan pelaksanaan tugas dalam mewujudkan keamanan keselamatan ketertiban dan kelancaran lalu lintas di daerah hukum Polda Banten," kata Sabilul Alif. 


Pelaksanaan Rakernis kali ini lebih kepada menyiapkan langkah langkah taktis dan strategis dalam menghadapi tantangan tugas, khususnya dibidang lalu lintas dalam menghadapi agenda nasional yaitu pengamanan arus mudik dan arus balik Idul Fitri 1444 H tahun 2023. "Tentunya hal ini akan menyebabkan adanya peningkatan aktivitas masyarakat yang mempunyai implikasi terhadap pergerakan orang dan barang mobilitas transportasi baik darat, laut maupun udara serta peningkatan transaksi perekonomian diseluruh penjuru tanah air baik pada waktu menjelang pada saat maupun setelah perayaan hari raya Idul Fitri," ujar Sabilul Alif.

.

Sebelumnya menteri perhubungan memprediksi pergerakan masyarakat selama masa Idul Fitri tahun 2023 bisa mencapai 123,8 juta orang. "Prediksi masyarakat yang akan melaksanakan mudik lebaran tahun 2023 mencapai 123,8 orang jumlah ini meningkat jika dibandingan dengan lebaran tahun 2022 lalu mencapai 85 Juta orang," ucap Sabilul Alif. 


Dengan adanya eskalasi aktivitas masyarakat serta pergerakan orang dan barang tersebut. "Tentunya hal ini akan menjadi gangguan Kamseltibcarlantas apabila tidak dikelola dengan baik melalui beberapa alternarif tindakan lalu lintas untuk keamanan, kenyamanan dan kelancaraan masyaramat," tutur Sabilul Alif. 


Mencermati berbagai tantangan yang ada, maka saya berharap. "Saya harap Rakernis ini dapat menjadi momentum bagi jajaran lalu lintas Polda Banten untuk merumuskan strategi yang adaptif guna menjawab tantangan dengan diiringi peningkatan kinerja dan profesionalisme, perbaikan kultur serta penguatan sinergitas dengan stakeholder terkait," lanjut Sabilul Alif. 


Diakhir, Sabilul Alif mengucapkan terima kasih. "Saya menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang sebesar besarnya kepada seluruh personel lalu lintas dan jajaran Polda Banten atas dedikasi loyalitas maupun pengabdian yang telah ditunjukan dalam menjamin tegaknya supremasi hukum serta telah terpeliharanya kamseltibcarlantas di wilayah hukum Polda Banten," tutup Sabilul Alif. (Bidhumas)

Posting Komentar

0 Komentar