Operasi Zebra Maung 2021, Apa Saja Kegiatannya?


Riauboyznews - SERANG - Polda Banten secara resmi melaksanakan operasi kewilayahan dengan sandi Operasi Zebra Maung 2021 sejak hari ini, Senin (15/11). Operasi ini mengedepankan kegiatan edukatif, persuasif dan humanis untuk tingkatkan disiplin masyarakat berlalu lintas serta disiplin protokol kesehatan.


"Operasi dilakukan untuk cipta kondisi wujudkan kamseltibcar lantas menjelang Natal 2021 dan Tahun Baru 2021 di tengah pandemi Covid-19 serta menurunkan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas," kata Kabidhumas Polda Banten, Akbp Shinto Silitonga. 


Sebanyak 440 personel dilibatkan dalam operasi ini, diorganisasikan dalam 4 Satgas yaitu Satgas Lidik, Satgas Preemtif, Satgas Preventif dan Satgas Bantuan Operasi atau Banops. "Bentuk kegiatan tiap Satgas berbeda namun berhubungan satu dengan yang lain, sehingga tujuan organisasi tercapai," kata Shinto.


Satgas Lidik bertugas untuk melaksanakan deteksi dini, penyelidikan dan pemetaan terhadap lokasi yang rawan kemacetan, rawan pelanggaran juga kecelakaan serta potensial terhadap penyebaran Covid-19. Satgas Binluh wajib memberikan penyuluhan, sosialisasi tentang kamseltibcar lantas juga penanganan Covid-19 melalui berbagai media, baik media massa juga media sosial, serta spanduk, banner, baliho, pamflet dan media informasi publik lainnya. Satgas Preventif bertugas untuk melaksanakan edukasi dan membangun disiplin masyarakat untuk patuh serta tertib dalam berlalu lintas juga disiplin dalam protokol kesehatan, sehingga dapat memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Terakhir, Satgas Banops bertugas untuk mendukung rangkaian operasi dalam diseminasi informasi, dokumentasi, pelayanan kesehatan seta dukungan alat komunikasi internal kepolisian. "Semua Satgas dipimpin oleh perwira menegah yang kompetitif dan komunikatif." tegas Shinto.


Operasi Zebra Maung 2021 akan berlangsung selama 14 hari hingga 28 November 2021. "Mari berpartisipasi aktif dalam operasi ini dengan disiplin prokes dan menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas," himbau Shinto Silitonga.


Untuk diketahui, bahwa hari ini, Senin (15/11) Polda Banten telah melaksanakan apel gelar pasukan Operasi Zebra Maung 2021 di lapangan apel Polda Banten. Adapun apel gelar pasukan tersebut dipimpin oleh Wakapolda Banten BJP Ery Nursatari.


Adapun tujuan dari Operasi Zebra Maung 2021 ini untuk memberikan situasi lalu lintas yang aman, tertib dan lancar pada lokasi rawan kecelakaan, kemacetan serta meningkatkan ketertiban, kepatuhan dan kedisplinan masyarakat dalam berlalu lintas. (Bidhumas)


Baca juga Polres Cilegon 

Posting Komentar

0 Komentar