Kegiatan Minggu kasih dalam rangka ibadah Rutin (Misa) umat Katholik Jemaat Paroki Santo Mikael Kota Cilegon



Pada hari Minggu tanggal 27 Agustus 2023 Pukul 08.00 Wib di gedung serba guna Eks. Mardiyuana Jalan Jenderal Ahmad Yani No. 78 Kel. Sukmajaya Kec. Jombang Kota Cilegon dilaksanakan kegiatan minggu kasih ibadah rutin (Misa) umat Katholik jemaat Paroki Santo Mikael Kota Cilegon. Jumlah Jemaat : 220 (dua ratus dua puluh) orang. 


Dewan Pembina Paroki Santo Mikael Cilegon _Drs. ANDRIANUS NABU, S.H., M.H., M.M._kegiatan Ibadah dipimpin oleh:ROMO RD.THOMAS VILKANOVA SAIDI*


Tema Ibadah : *(Caritas Pastoralis) Cinta kasih kegembalaan*


Liturgi ibadah :


¤ Yes. 22:19-23

¤ Mzm. 138:1-2a.2bc-3.6.8bc

¤ Rom. 11:33-36

¤ Mat. 16:13-20


_Kotbah Ibadah:_


Inilah semangat dasar iman penggembalaan. Mengacu pada bacaan Injil hari ini, Yesus memberikan kuasa kepada Petrus yang menjadi alasan adanya Gereja: persekutuan umat beriman.


Adapun semangat dasar yang bisa kita petik dan maknai dari 'cinta kasih kegembalaan' ini, antara lain:


1.Bersukacita dan bersyukur

Yesus mengajak Petrus berubah: dari Simon (pendengar) jadi Petrus (batu karang) dari penjala ikan jadi penjala manusia, dari nelayan jadi pelayan, dari hamba 

jadi sahabat, dari murid jadi guru, dari orang yang penakut dan mudah menyangkal Yesus, 

jadi orang yang berani dan 

rajin bersaksi tentang Yesus dari karyanya hanya di sekitar danau Galilea jadi karyanya bagi segala dan seluruh penjuru dunia. 

Di sinilah kita menyadari bahwa setiap hari adalah panggilan bagi kita untuk berubah, berkembang lebih baik lagi. Perubahan menjadi lebih baik inilah yang seharusnya membuat kita bersukacita dan bersyukur dalam karya selanjutnya.


2.Berdoa dan bertobat

Ketika Yesus ditangkap, Petrus ketakutan. Saat itu, Petrus berdosa dengan menyangkal Yesus tiga kali. Tapi, syukurnya Petrus berdoa dan bertobat: ia menyesali perbuatannya dengan sepenuh hati.

Di sinilah kita diharapkan mau belajar seperti yang dialami Petrus: mau berdoa dan bertobat. Semakin kita berdoa dan bertobat, menangis dan menyesali dosa-dosa kita karena menyebabkan kesedihan mendalam terhadap Yesus, maka cinta kita akan Yesus semakin kuat.


3.Berbelarasa dan berkarya

Petrus pergi dari Israel menuju kota Roma, sebagai pusat seluruh Kerajaan Romawi. Di sanalah, Petrus berkarya: mewartakan Injil sekaligus mempertobatkan banyak orang.

Di sinilah kita belajar berbelarasa dan _berkarya_ seperti Petrus. Apabila kita berani _berbelarasa_ dan _berkarya_ dalam pelayanan yakni memberikan cinta sekaligus perhatian, sambil menunjukkan serta membuktikan kehangatan cinta kasih kita terlebih dahulu, maka kehangatan cinta kasih dan dukungan ini bisa meningkatkan kualitas hidup pelayanan kita sendiri.


Saudaraku, marilah kita mensyukuri dan mendoakan para gembala Gereja kita: Sri Paus, para Uskup, para Imam dan para Diakon, atas _perutusannya_ melayani umat dan bahkan semua bangsa manusia dengan kehangatan kasih yang mempersatukan seluruh Gereja dan umat manusia. Akhirnya menghadirkan kemuliaan Kristus bagi semua orang.


Salam Kasih dan Damai Sejahtera Kristus bersama Bunda Maria selalu menyertai kita sekeluarga yang rela melayani dengan kasihNya. Amin.


*III.CATATAN:*


a).Selama pelaksanaan kegiatan ibadah berjalan aman, tertib & lancar. 


b).Berdasarkan monitoring di lokasi kegiatan _tidak ada kejadian yang menonjol_ yang berpotensi menjadi Gangguan Kamtibmas khususnya gerakan dari kelompok-kelompok menolak kegiatan & keberadaan Tempat Ibadah Agama Lain di Kota Cilegon. 

c). Kasatbinmas bersama personel Polsek Cilegon memberikan edukasi agr besama-sama menjaga harkamtibmas serta komunikasi aktif apabila ada hal-hal yg perlu diantisipasi untuk pemeliharaan harkamtibmas.




*Personil melaksanakan pengamanan:*


1. AKP D. ACHMAD DJAJAT

2.AIPDA EDROSMANTO SIREGAR (

3.BRIPKA FAISAL NOPIARDI

4.BRIPKA NOVI FERIANTO

5. BRIGADIR FIRMAN, SE



Kegiatan ibadah selesai pukul 09.20 Wib.


Demikian yang dapat dilaporkan.


*Terimakasih*

Posting Komentar

0 Komentar