Kamis, 03 Februari 2022

author photo


Serang - Satbrimob Polda Banten melaksanakan pemeliharaan dan perawatan senjata yang dimiliki Satbrimob Polda Banten di Kantor Satbrimob Polda Banten pada Kamis (03/02).


Kegiatan tersebut dipimpin oleh Kasubsi Palang AKP Abudin beserta personel Satbrimob Polda Banten.


Dansat Brimob Polda Banten Kombes Pol Dwi Yanto Nugroho menyampaikan bahwa pemeliharaan secara berkala ini bertujuan agar senjata selalu siap untuk digunakan jika dibutuhkan, termasuk saat latihan menembak. “Selain merawat senjata untuk menghindarkan macet atau malfungsi, kami juga melakukan lubrikasi dan pengecatan dalam mencegah korosi,” kata Dwi Yanto.


Dwi Yanto berharap kepada personel selalu membersihkan senjata di luar ruangan atau tempat yang memiliki ventilasi yang baik, karena uap dari pelarut atau minyak dapat menjadi penyakit jika terhirup di ruangan tertutup.


“Dalam membersihkan diharapkan menjauhkan minyak dan pelarut dari amunisi karena dapat menyebabkan amunisi tidak menembak atau bahkan meledak, serta menggunakan pelarut yang aman bagi senjata dan kulit orang yang membersihkannya, setelah itu jangan lupa selalu membersihkan senjata saat kembali ke gudang, petugas gudang harus benar-benar memperhatikan ini,” kata Dansat Brimob Polda Banten.


Selanjutnya Dwi Yanto mengatakan pembersihan dimulai dengan menyiram senjata atau merendam dengan cairan pelarut untuk melunakkan kotoran di sela-sela atau sudut senjata. Sedangkan untuk laras digunakan pelarut tembaga agar melarutkan partikel tembaga atau jelaga yang tertinggal dari selongsong peluru, baru kemudian dibersihkan dengan lantak atau sikat bor untuk memecah kumpulan kotoran pada laras. (Bidhumas) Polres Cilegon 

your advertise here

This post have 0 comments


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement