Rabu, 24 November 2021

author photo


Riauboyznews - Transformasi pendidikan Polri menjadi keharusan dalam rangka revolusi SDM yang unggul, kreatif dan inovatif, sebab hal ini merupakan alat dan kekuatan utama Polri. Kampus harus menjadi pusat keunggulan dan pusat kebanggaan (centre of excellence)  mempersiapkan SDM yang unggul, baik sebagai alat kekuatan utama maupun human capital hari ini, esok dan di masa mendatang.


Pendidikan menjadi isu kontekstual dalam menghadapi dua tantangan parallel dunia saat ini, globalisasi dengan revolusi industri 4.0  dan  pandemik Covid-19, Untuk itu perlu adanya  role model atau pilot proyek untuk mewujudkan hal tersebut, Lemdilkat Polri telah mebuat konsep Sekolah Kepolisan Negara (SPN), dari konsep tersebut  memliki indicator dan  kriteria yang telah ditentukan maka berdasaran hasil survei tim Lemdiklat Polri  terpilih 3 SPN yang mejadi role model yaitu SPN Polda Bali, SPN Polda Riau dan SPN Polda Banten.


Saat ditemui Kepala Sekolah Kepolisian Negara (SPN) Polda Banten Kombes Pol Noffan Widyayoko di Mandalawangi pada Senin (22/11) menyatakan, untuk menjadi Role model atau pilot project transpormasi Polri di era revolusi industri 4.0 menuju masyarakat 5.0 harus memenuhi kriteria standar kampus ideal, keunggulan kampus (achievement) kreativitas dan inovasi, “Penunjukan SPN Polda Banten sebagai role model atau pilot project ini bedasarkan surat telegram Kepala Lembaga Pendidikan dan Latihan (Kalemdiklat) Polri nomor: ST/334/X/KEP./2021. Untuk menjadi pilot project SPN harus memenuhi kriteria standar kampus yang ideal yang meliputi standar kampus sehat, kampus aman, kampus sebagai keunggulan, kampus favorit dan prestasi, serta standar kampus dengan kurikulum kekinian. Untuk kampus unggul (achievement) meliputi tenaga pendidik (Gadik), sertifikasi pendidik (Serdik), Institusi  kampus, pembinaan personel, operasional pendidikan, pelatihan olahraga, Seni, dan Budaya. Selanjutnya untuk kreativitas dan inovasi meliputi kreativitas, inovasi, pemberdayaan SDM, company profile kampus, dan pembinaan potensi masyarakat yang meliputi ekonomi, pendidikan, pelatihan, sosial budaya dan Agama," ungkap Noffan.


Selanjutnya Noffan menjelaskan SPN Polda Banten patut berbangga dengan terpilihnya sebagai salah satu role model sekolah kepolisian di Indonesia, “Kita patut berbangga dengan terpilihnya SPN Polda Banten sebagai role model  sekolah kepolisian di Indonesia, tentunya penunjukan ini berdasarkan kriteria yang telah ditentukan, ada beberapa kriteria yang telah diterapkan oleh SPN Polda Banten yaitu standar kampus sehat, kampus aman, sertifikasi tenaga pendidik, inovasi dalam bidang pendidikan serta pembinaan potensi, pembinaan masyarakat dibidang ekonomi, pendidikan, sosial, budaya, dan agama, kriteria tersebut telah terpenuhi sehingga SPN Polda Banten ditunjuk sebagai pilot project,“ kata Ka SPN.


Noffan berharap pilot project dapat berhasil dengan baik, ”Saya berharap dengan ditunjuknya SPN Polda Banten sebagai role model dapat berhasil dengan baik, sehingga menjadi contoh untuk SPN yang ada di Indonesia, tentunya hal ini tidak dapat dicapai dengan berpangku tangan saja kita harus bekerja sama, serius, konsentrasi serta berusaha seoptimal mungkin,” tutup Noffan. (Bidhumas)

your advertise here

This post have 0 comments


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement