Selasa, 30 November 2021

author photo


Riauboyznews JAKARTA - Personel Bidkeu Polda Banten masih melaksanakan kegiatan pelatihan aplikasi SAKTI Tahun Anggaran 2021 yang sudah dilaksanakan selama 1 minggu di Hotel Grand Mercure Kemayoran Jakarta pada Selasa (30/11). Dengan koordinator kelas AKBP Diana dan narasumber dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia Anjahul Khuluk dan Satwiko Adhiwidyo. 


Materi hari terakhir di pelatihan aplikasi SAKTI pada hari ini yaitu mengenai modul anggaran di mana modul yang melakukan proses penyusunan rencana kerja anggaran sampai dengan penyusunan dokumen pelaksanaan anggaran termasuk di dalamnya proses perencanaan penyerapan anggaran dan penerimaan dalam periode satu tahun anggaran. 


Materi selanjutnya yaitu materi modul komitmen yang disampaikan oleh narasumber Satwiko Adhiwidyo. Ia menyampaikan bahwa modul yang melakukan aktivitas terkait pencatatan data perikatan atau kontrak dalam rangka pelaksanaan APBN untuk mendukung pengelolaan data pagu, perencanaan kas dan refrensi dalam pelaksanaan pembayaran.



Satwikk Adhiwidyo membahas tentang jurnal penyesuaian dimana jurnal penyesuaian ini adalah jurnal yang dibuat dalam proses pencatatan perubahan saldo dalam akun sehingga saldo mencerminkan jumlah yang sebenarnya, secara umum manfaat yang diberikan yaitu menetapkan saldo catatan akun buku besar pada akhir periode, serta menghitung pendapatan dan beban selama periode tertentu. "Diakhir kelas para peserta pelatihan di berikan soal post test untuk melihat seberapa banyak materi yang bisa mereka aplikasikan nanti di masing-masing satuan kerja (satker)," ucapnya. 


Dalam rangka mengimplementasikan aplikasi SAKTI full modul pada 2022 bag instansi Polri, diharapkan melalui pelatihan aplikasi SAKTI ini seluruh jajaran Polri sudah siap untuk menerapkan aplikasi di tahun anggaran 2022. (Bidhumas)

your advertise here

This post have 0 comments


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement